SELAMAT DATANG DI BLOGGER TEKNIK PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATA KULIAH TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN
Posted by : DSN Group Minggu, 03 Desember 2017

Image result for Biji bijian


Han Oktariansyah ~ 05021181520015
Syaeful Arifin ~ 05021181520014
Wahyu Surya ~ 05021381520058
Cindy Claudia ~ 05021381520049


Struktur Komposisi dan Sifat Biji - Bijian

        Kita ketahui bersama bahwa hasil pertanian sebagian besar itu berupa biji - bijian yang danggap sebagai bahan pangan atau pakan ternak, banyak cara dilakukan agar bisa bertahan lama biji-bijian tersebut baik itu dilakukan dengan proses penyimpanan dan pengeringan. Biji-bijian sendiri merupakan sumber kebutuhan utama baik manusia maupun hewan didunia. biji-bijian banyak mengandung pati, sumber protein dan minyak yang berguna untuk sumber energi. 
      Biji-bijian dapat diartikan sebagai kelompok padi-padian atau serealia. Dalam pengertian ini biji-bijian dihasilkan oleh famili rerumputan yang kaya karbohidrat sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok. Contoh dari biji-bijian serealia yaitu padi (Oryza sativa), jagung (Zea mays) , gandum (Triticum sp.), cantel atau sorghum (Sorghum sp.), serta biji-bijian lain yang jarang dijumpai di Indonesia seperti : barley (Hordeum vulgare), rye (Secale cereale), dan padi liar (Zizania aquatic) (Nurnafitrisni, 2010).
        Sorgum (Sorghum bicolor L. Moench) merupakan pangan penting bagi lebih dari 750 juta orang di daerah tropis beriklim kering di Afrika, India, dan Amerika Latin (FSD 2003, Reddy et al. 2007). Di Afrika, biji sorgum dikonsumsi dalam bentuk olahan roti, bubur, minuman, berondong, dan kripik (Dicko et al. 2006). Di India, tepung sorgum dibuat roti bahan chapati, yang merupakan makanan pokok masyarakat pedesaan. Di Indonesia sorgum merupakan tanaman sereal pangan ke tiga setelah padi dan jagung, namun penggunaannya sebagai bahan pangan menurun tajam setelah ketersediaan beras mencukupi dengan relatif dan harga murah.

sumber : Hubbard et al. 1968




Link download file Sorghum == > Struktur komposisi Sorghum <== 


         Kacang - kacangan merupakan buah bersel tunggal dan berbiji tunggal dengan kulit luar yang keras. Kacang-kacangan mempunyai struktur yang hampir sama dengan serealia (biji-bijian). kacang-kacangan biasanya mengandung sedikit sekali glukosa dan fruktosa tetapi cukup mengandung rafinosa, stakiosa, dan verbakosa. Berbagai komoditas dari kacang-kacangan yang telah banyak dikenal yakni kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah dll. 

Struktur kacang hjau

Komposisi kimia biji-bijian (serealia)
          

Sifat fisik biji-bijian (serealia)

Link Download File Kacang-kacangan ==> Download file <==

      Pengetahuan terhadap komposisi, struktur dan nilai sifat sifat bijian akan sangat penting untuk dipahami karena secara langsung berhubungan dengan sifat sifat pengeringan dan penyimpanan biji-bijian. Struktur dari biji bijian akan mempengaruhi laju pengeringan contohnya bijian yang mempunyai ujung kepala yang retak akan lebih cepat kehilangan uap air dibandingkan ujung kepala yang utuh. Komposisi biji mempengaruhi sifat penyerapan uap air, contohnya biji-bijian yang mengandung kadar protein yang tinggi memiliki kandungan kadar air kesetimbangan yang rendah. Ukuran dan berat dari bijian juga mempengaruhi sifat pengeringan misalnya biji jagung akan kering lebih lambat dibandingkan gandum karena mempunyai berat dan diameter ekuivalen yang besar.

Terimakasih telah datang ke blog saya, semoga bermanfaat dan berkah ilmunya,

Leave a Reply

Thanks for Comments

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Han Oktariansyah - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -